Lupa Ritual Syuting Penuh Gangguan Gaib

Hampir sebulan penuh proses syutingnya Film ‘Kutukan Arwah Santet’ produksi Mega Sentra Kreasi banyak terjadi hal mistis. Banyak kru hingga pemain terkena serangan yang dilakukan mahluk halus yang berujung kesurupan. Sutradara Hanny Mustofa yang semula tidak mempercayai hal-hal gaib, ‘dipaksa’ percaya setelah melihat langsung dan dengan matanya sendiri.
!!!!!

Sore itu di salah satu kampus di kawasan Bogor terlihat ramai dengan aktivitas syuting pembuatan film “Kutukan Arwah Santet yang di produseri ShanX ini. Para kru film sudah mempersiapkan alat-alat syuting film. Tidak jauh dari tempat lokasi syuting para pemainpun bersiap-siap untuk melakukan suatu adegan. Ada juga para pemeran lainnnya yang sedang merias atau make up wajah sambil menunggu take selanjutnya. Saat sedang asyiknya makeup, tiba-tiba seorang make up artis mendadak kejang-kejang dan bergetar badannya sambil berteriak tidak karuan. Rupanya ia tengah kesurupan.

Tak pelak, hysteria ini membuat para artis dan kru lainnya ketakutan. Bahkan masyarakat yang kebetulan mengikuti syuting tersebut juga dibuat terkejut. Semenit pertama, mereka masih mengira ini hanyalah lelucon saja. Tapi setelah hampir lima menit tak ada perubahan, sadarlah mereka mereka telah terjadi serangan gaib pada make up artis tersebut.

Pemeran utama “Kutukan Arwah Santet,” Julia Perez mengaku sangat percaya dengan mahluk halus serta fenomena gaib. “Seperti film-film horor sebelumnya, tim selalu menggelar ritual, ya sekedar minta ijin dengan sesaji dan doa,” kilah Jupe. Rupanya, sutradara Hanny Mustofa belum melakukan kebiasaan ini. “Padahal yang jaga lokasi syuting sudah memperingatkan agar izin dulu dan minmal berdoa dulu, tapi Hanny tetap tidak mengindahkan peringatan itu. Bahkan ia sempat menantang sambil berkata gue nggak percaya dengan begitu-begituan, kita punya Tuhan, sambil marah-marah,”terang Jupe.

Dan ternyata benar, lanjut Jupe, yang kena make up atis saya. Saya pelototin matanya. setelah saya baca-bacain 8 kali, dia baru sadar. Saya sendiri waktu sebelum syuting wanti-wanti baca-bacaan agar tidak terjadi hal yang diinginkan dan selalu permiisi serta berdoa pada Allah SWT. Namun Jupe bersyukur, dirinya tidak merasa diganggu oleh mahluk halus. ”Dulu memang memang saya sering banget di ganggu, tapi Alhamdulillah sekarang tidak, kalau sekedar melihat mahluk halus halus pasti ada lah tapi nggak sampai mengganggu. Dan yang paling parno banget saat syuting Rumah Bekas Kuburan, disitu aku sering banyak diganggu dan bahkan kesurupan,”aku Jupe.

Film ‘kutukan Arwah Santet’ yang juga dibintangi presenter Ruben dan artis seksi Jenny Cortez, juga dibintangi artis pendatang baru seperti Cinta Ratu, Anjani, Samudra, Dwi AP, Ozzi Dian dan Erlando ini menceritakan seorang mahasiswi cantik bernama Mirna (Cinta Ratu) yang memiliki kekasih seorang playboy bernama Firman (Robby Purba). Dalam suatu private party Firman melakukan hubungan badan dengan Mirna yang dibawah pengaruh obat bius, tapi akhirnya kemaluan mereka jadi menempel dan tidak bisa dipisahkan. Tanpa disengaja Mirna terbunuh oleh kedua teman Firman, dan untuk menghilangkan jejaknya Mirna dikubur di toilet kampusnya dan menjadi hantu gentayangan untuk menuntut balas.

Jenny Cortez yang berperan sebagai Beby juga mengalami keanehan setelah adegan mesra yaitu berciuman dengan lawan mainnya, dimana lokasi nya di hutan yang berada di Bogor. Ia pun merasa janggal dalam dirinya saat berada ditempat itu sehingga dalam keadaan tersebut dirinya merasa ada yang mengikuti saat pulang. Dalam keadaan seperti itu sekembalinya pulang ditengah perjalanan dengan membawa mobil sendiri terasa badannya bergetar dan menggigil tidak karuan sehingga membuat tubuhnya merasa sakit. Tak hanya itu saja dirinya juga sempat di rawat dirumah sakit hingga beberapa hari.

“Kebetulan saat adegan ciuman itu aku melanjutkan adegan selanjutnya yaitu kesurupan, saat adegan itu aku berteriak-teriak . Nah setelah adegan itu aku merasa nggak enak badan dan sepulangnya aku jatuh sakit dan langsung dibawa kerumah sakit. Kata orang tua dulu kalau berada ditengah hutan nggak boleh terik-teriak, apalagi waktunya malam, pamali namanya,”terangnya.

Lain lagi dengan Cinta Ratu yang berperan sebagai setan dalam film Kutukan Arwah Setan ini. Dirinya mengaku sebelum syuting sudah melakukan observasi. Dirinya beberapa hari berada di suatu tempat yang benar-benar dianggap angker guna untuk mengetahui apa itu gancet ataupun gaib . Hal ini dilakukan agar aktingnya lebih maksimal untuk melakukan adegan setan tersebut. Dalam observasi tersebut selama 3 hari berturut-turut, Cinta kesurpan dan dibawa ke alam dunia lain yang beraroma penuh wewangian. Selain itu juga Cinta bertemu dengan seorang sosok wanita yang menyerupai dirinya sambil tertawa layaknya kuntilanak.

“Aku jadi ketakutan sendiri, kadang kalau di kuasai oleh mahluk yang memasuki tubuhku sepertinya bila melihat cermin diperintah untuk dipecahkan. Pernah kejadian juga temenku terpental oleh aku,”akunya. Dirasakan Cinta, memang terjadi konflik batin saat observasi dan setelah usai observasi banyak pengalaman yang didapatnya sehingga dalam memerankan suatu adegan sudah tidak canggung lagi. “Aku memang pakai kostum setan, sering juga bertemu dengan mahluk lain di lokasi syuting, Alhamdulillah sepertinya jadi bersahabat dengan mereka dan tidak canggung dan takut lagi saat syuting,”jelasnya.

ShanX (produser) :
Edukasi Buat Masyarakat

Produser yang dikenal dengan film-film horor nya ShanX mengatakan bahwa film ini merupakan yang kesekian kalinya diproduksi yang diambil dari kisah nyata dan yang lebih menarik bukanlah semata hanya cerita mistis atau misteri saja namun juga film “Kutukan Arwah Santet” bisa dilihat dari sudut pandang ilmiah atau medis. Di dalam dunia kedokteran gancet dikenal dengan Istilah vaginismus. “Dalam kedokteran vaginismus itu sendiri adalah penyakit disfungsi seksual pada wanita, yang jika diartikan adalah adanya sifat penolakan atau kekejangan mulut rahim (Vagina) wanita jika akan atau sedang melakukan hubungan badan,”ujarnya.

Yang melatar belakangi ShankX membuat film Kutukan Arwah Santet ini adalah banyak kejadian-kejadian yang nyata seperti Sukabumi, Makar , daerah-daerah lain, dan bahkan di Jakarta di Setiabudi ada pasangan yang tidak bisa melepaskan setelah berhubungan intim. “Karena ada kejadian ini tentunya menarik buat edukasi pada masyarakat,” jelasnya.

ShanX merasa optimis dengan film ini akan meledak dipasaran dikarenakan film ini merupakan tontonan yang bagus dan bukan hanya sekedar film horor belaka yang mengutamakan ataupun menonjolkan keseksian saja. “Jalan ceritanya cukup kuat juga kerjasama kru film yang sangat baik sehingga film ini dapat terselesaikan dengan baik juga,”ujarnya.

Ditambahkannya maraknya film horor yang kini beredar dibioskop Indonesia ShanX tak membuat gentar ataupun tersaingi dengan hal itu. Menurutnya ia memiliki strategi khusus untuk film-film yang dibuatnya. “Semua orang bisa membuat film tapi kebanyakan tidak tahu bagaimana cara menjual filmnya. Film itu bukan hanya bisa membuat saja tapi juga harus tahu bagaimana menjualnya. Dan saya bisa membikin konsep yang luar biasa dan bikin heboh di Republik ini, dan itu rahasia,”jelasnya.

Disinggung tentang Kenapa harus Jupe lagi yang memerankan di film Kutukan Arwah Santet ini ShanX menerangkan bahwa Jupe merupakan image yang tertanam dalam dirinya sosok yang seksi dan merupakan artis horor yang sudah dikenal dikalangan masyarakat. “Memang selama ini Jupe image nya seksi dengan ikon bom seks Indonesia yang tidak murahan. Dan juga seperti film sebelumnya dengan image Titisan Suzanna tentunya sudah melekat. Kalau mau lebih tahu lebih ya nonton saja di bioskop-bioskop tanggal 27 September 2012,”pungkasnya sedikit berpromosi.

Nama : M. Fahruddin Shaleh/Fafa
Media : Majalah Liberty (Jawapos Grup)
Judul : Lupa Ritual Syuting Penuh Gangguan Gaib (sebanyak 3 halaman)
Terbit Edisi 2496, tgl 11 – 20 September 2012
Hp : 0818869773
Alamat Kantor : Villa Japos Blok A4 No. 17 Tanggerang Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: