Kutukan Arwah Santet : Kisah Nyata Asu Gancet

Kutukan Arwah Santet merupakan film horor yang diproduseri oleh RS Shanker dan hasil besutan dari sutradara kondang “Hanny Mustofa”. Film tersebut mengangkat kisah nyata tentang kejadian gancet yang sering terjadi di sekitar kita. Namun sebelum kita membahas lebih dalam lagi tentang film Kutukan Arwah Santet tersebut, saya akan menjelaskan apa sih gancet itu?

Apa itu Gancet ?

Pengertian gancet adalah kondisi dimana ketika alat vital pria tidak bisa keluar dari alat vital wanita saat berhubungan badan. Dengan kata lain, alat vital pria “terkunci” di dalam alat vita wanita. Penjelasan mengenai istilah gancet itu sendiri dapat dijelaskan dari segi mitologi maupun dunia medis. Masyarakat indonesia yang kebanyakan mempercayai hal-hal mistis, terlebih di daerah, biasanya lebih sering mengaitkan kejadian gancet dengan hal yang berbau mistis. Namun, jika dikaji dengan logika, dunia medis juga punya penjelasan yang terperinci.

Pengertian Gancet dari Segi Medis

Dalam dunia kedokteran, gancet dikenal dengan istilah vaginismus. Vaginismus adalah suatu disfungsi seksual pada wanita yang berupa kekejangan abnormal otot alat vita wanita sepertiga bagian luar dan sekitar alat vital wanita. Derajat kekejangan yang terjadi tidak sama pada setiap orang yang mengalami vaginismus.

Kekejangan abnormal yang terjadi pada vaginismus seakan-akan merupakan suatu reaksi penolakan terhadap hubungan seksual, bahkan terhadap setiap sentuhan pada kelamin. Reaksi penolakan tampak jelas dari luar karena wanita dengan vaginismus cenderung merapatkan kedua tungkainya bila terjadi sentuhan pada bagian kelamin. Diduga sekitar 2-3% wanita dewasa mengalami vaginismus.

Apa Penyebabnya Vaginismus?

Vaginismus dapat disebabkan oleh faktor fisik ataupun psikis.

Beberapa faktor fisik ialah:

  • Gangguan selaput dara, termasuk sisanya yang tertarik kalau terjadi penetrasi alat vital pria.
  • Infeksi yang menimbulkan luka di sekitar lubang daerah alat vital wanita atau labia.
  • Bekas robekan karena melahirkan yang tidak sembuh dengan baik.

Tetapi penyebab psikis lebih sering berperan untuk terjadinya vaginismus.

Beberapa sebab psikis adalah:

  • Latar belakang keluarga yang memandang seks sebagai sesuatu yang kotor, dosa atau memalukan. Jadi wanita itu dibesarkan dengan anggapan bahwa seks adalah sesuatu yang negatif.
  • Pengalaman seksual yang traumatik, misalnya wanita yang mengalami perkosaan baik pada masa anak-anak, remaja maupun dewasa. Kalau pengalaman yang mengerikan itu terjadi setelah wanita menikah, dapat juga terjadi vaginismus sekunder.
  • Hubungan seksual yang selalu menimbulkan rasa nyeri karena sebab psikis.
  • Disfungsi ereksi juga dapat menjadi penyebab.
  • Rasa takut yang berlebihan akan terjadinya kehamilan.
  • Rasa takut terkena penyakit kelamin.

Pengertian Gancet dari Segi Mistis

Masyarakat yang percaya pada hal mistis beranggapan bahwa mereka yang mengalami gancet diakibatkan oleh hukuman karena melakukan hal kotor di tempat yang dikramatkan. Mereka yakin, makhluk halus penunggu lokasi tersebut marah, hingga akhirnya memberi kutukan gancet pada mereka. Selain itu, menurut berita yang berkembang di masyarakat, gancet juga bisa terjadi melalui kiriman santet.

Santet (guna-guna, tenung, teluh) adalah upaya seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu hitam. Santet dilakukan menggunakan berbagai macam media antara lain rambut, foto, boneka, dupa, rupa-rupa kembang, dan lain-lain. Seseorang yang terkena santet akan berakibat cacat atau meninggal dunia. Santet sering di lakukan orang yang mempunyai dendam kepada orang lain.

Dalam hal ini bisa di contohkan ketika seorang suami yang kesal karena istrinya berselingkuh. Kemudian ia mengirimkan santet gancet kepada istrinya dengan tujuan agar saat istrinya bersetubuh dengan pasangan selingkunya akan gancet.

Fakta: Kisah Nyata Gancet

Ibu dan Anak tewas dalam kondisi sedang bersetubuh. Kisahnya, persetubuhan antara Ibu yang berusia 30 tahun, dengan anak lelakinya berusia 15 tahun tak bisa dilepas. Keduanya tetap menempel seperti terkunci. Bahkan, pasangan ini sempat dilarikan ke sebuah rumah sakit di kota Gorontalo. “Namun malang, pasangan ini meninggal beberapa jam setibanya di rumah sakit,” kata seorang petugas rumah sakit tempat pasangan persetubuhan itu dirawat kepada wartawan Gorontalo Post.

Beberapa sumber lain yang dekat dengan keluarga menyebutkan, sebenarnya pasangan ini sempat bertahan beberapa hari sebelum akhirnya diputuskan untuk membawanya ke rumah sakit dan akhirnya meninggal dunia. Di rumah sakit, tim medis memutuskan untuk mengoperasi untuk memisahkan keduanya.”Operasi terpaksa dilakukan karena kondisinya memang memaksanya begitu. Kondisinya sudah lemah, dan terus memburuk,” jelas petugas rumah sakit.

Kutukan Arwah Santet: Kisah Nyata Asu Gancet

Genre :
Horor
Tanggal Rilis Perdana :
27 September 2012
Studio :
Mega Sentra Kreasi
Sutradara :
Hanny Musthopa
Produser :
Shanker RS
Pemain :
Julia Perez,
Ruben Onsu,
Anjani,
Jenny Cortez,
Samudra,
Robby Purba,
Dwi AP,
Cinta Ratu,
Ozzi Dian,
Erlando
Klasifikasi:
17+
Bahasa:
Bahasa Indonesia
Produksi:
PT Sentra Mega Kreasi

Sinopsis:
Film ini bercerita tentang kisah terbunuhnya seorang gadis yang menyimpan misteri. Beberapa tahun setelah kematiannya, arwah gadis ini pun kerap merasuki tubuh Kirana dan menimbulkan korban.
Kutukan Arwah Santet: Kisah Nyata Asu Gancet yang Heboh

Sebuah cerita misteri tentang ‘asu’ gancet yang bisa terjadi pada manusia!
Myrna, gadis cantik, seksi, pintar tapi kuper dan kutu buku. Ia kekasih Firman, seorang playboy kampus. Beby, teman Myrna cantik, seksi dan liar, berpacaran dengan Raymond yang cool dan cenderung pendiam. Namun ada rahasia besar yang disembunyikan Raymond sebelum rangkaian kematian terjadi di kampus mereka.
Saat private party, Beby menjebak Myrna. Firman memaksanya berhubungan badan saat Myrna di bawah pengaruh obat bius. Karena vaginismus mengakibatkan tubuh Firman dan Myrna tak bisa terpisah. Firman malu. Dia minta bantuan dua sahabatnya, Johan dan Fandy. Kepanikan Firman mengakibatkan Myrna terbunuh. Laboratorium kampus jadi saksi bisu peristiwa memalukan. Untuk menghilangkan bukti, Firman, Johan dan Fandy mengubur jasad Myrna di toilet kampus.

Empat tahun berlalu…

Seorang dosen baru nan cantik, seksi dan trendi, hadir di kampus yang sama. Lelaki manapun pasti dibuat terpana oleh sang dosen kedokteran ini. Kirana namanya.

Tya, cewek tomboi, cuek, pintar, juga adik Myrna, kuliah di tempat yang sama. Hilangnya Myrna, masih menyisakan misteri dan pertanyaan bagi Tya. Bersama dua sahabatnya, Ruben dan Mumud, Tya berusaha mengungkap peristiwa tersebut melalui majalah kampus. Kematian secara misterius sepasang kekasih di laboratoium kampus dengan tubuh keduanya tak bisa terpisahkan akibat berhubungan badan, membuat Tya makin penasaran. Apalagi setiap ada kematian, Kirana selalu ada di lokasi dan nampak kebingungan.

Tya punya kekasih, namanya Raymond. Ia dokter muda yang sukses. Kepada Raymond, Tya selalu ceritakan peristiwa kematian misterius di kampus. Raymond menanggapi dingin cerita-cerita tersebut. Tak terkecuali kisah keanehan yang diperlihatkan Ibu dosen Kirana. Kirana sendiri tak pernah menyadari bahwa laki-laki yang tertarik padanya, akan tewas mengenaskan. Korban kematian sepertinya tak terhentikan.
Tya, Ruben, Mumud, bahkan sempat memotret wajah Kirana. Namun hasil foto yang keluar, selalu wajah Myrna. Misteri besar pun perlahan terbuka.

Kirana adalah kakak Firman. Begitu juga Raymond, ia adalah laki-laki yang sama pernah jatuh hati pada Myrna. Penolakan Myrna membuat Raymond sakit hati. Raymond pula yang mengirimkan santet kematian. Raymond adalah penyebab semua kekacauan dan kematian Myrna.
Sanggupkan Tya menghentikan semua teror kematian? Bisakah Kirana lepas dari roh Myrna yang selalu merasuk dalam dirinya?

Trailer: Kutukan Arwah Santet

Coming Soon: Kutukan Arwah Santet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nama : Dani Setyanto

Url Blog : http://omtiger.com/kutukan-arwah-santet-kisah-nyata-asu-gancet

Email : danisetyanto@gmail.com

Alamat : Krajan Selatan 454 RT.1 RW.6, Sumberporong – Lawang, Jawa Timur, 65212

No Telp : 08563445068

Twitter : @danisetyanto

Facebook : Dani Setyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: